Informasi Tekno

Tips Mengetahui Batrai iPhone Masih Bekerja Normal apa tidak


Tips Mengetahui Batrai iPhone Masih Bekerja Normal apa tidak

Tips Tricks kali ini untuk mengetahui tanda-tanda apakah batrai pada iPhone Anda normal apa tidak. Baterai memang induk dari segalanya jutaan aplikasi Android siap menguras tenaga baterai kamu dengan tiba-tiba. Ada baiknya kita bisa mengetahui tanda-tanda dari baterai iPhone yang bocor atau rusak. Setidaknya kita bisa mendeteksi secara dini, bilamana baterai iPhone kita bocor, yang tentu saja bila ini terjadi bisa mengganggu aktifitas keseharian kita, baik dalam hal komunikasi.

Ada beberapa cara untuk memeriksa bagian mana yang menyebabkan baterai menjadi bocor, yaitu:

Menyalakan Airplane Mode
Teknik yang paling sederhana untuk memeriksa apakah baterai sudah rusak atau masih dalam keadaan normal. Dengan menyalakan Airplane Mode, maka iPhone tidak bisa menggunakan jaringan telepon sehingga tidak ada telepon, SMS, dan tranmisi data.

iPhone bisa dikatakan dalam status standby setiap saat. Keadaan ini memungkinkan Anda mengukur performa baterai tanpa ada gangguan dari layanan lainnya.

Selanjutnya gunakan aplikasi sewajarnya — bukan dengan memainkan games secara terus menerus — dan pantau berapa lama baterai iPhone bisa bertahan. Bila ia tidak bisa bertahan sampai 4 jam ke atas, maka baterai kemungkinan besar bermasalah.

Teknik di atas memang merepotkan karena dalam keadaan Airplane Mode nyala, kamu tidak dapat menerima panggilan. Jadi lakukan eksperimen ini hanya pada weekend atau liburan, di saat Anda tidak membutuhkan jaringan telepon karena ingin memberikan waktu Anda berkualitas untuk keluarga.

Langkah-langkah menyalakan Airplane Mode:
1.    Pilih Settings.
2.    Ubah Airplane Mode menjadi ON.

Mematikan Location Services
Kadang-kadang baterai bisa menjadi boros karena aplikasi-aplikasi yang secara aktif memanfaatkan location services. Aplikasi akan meminta izin terlebih dahulu sebelum menggunakan location services, dan “biasanya” pemilik iPhone cuma pilih “Allow” tanpa mempertimbangkan apakah aplikasi tersebut benar-benar membutuhkan lokasi Anda untuk berfungsi dengan benar.

Dengan mematikan location services, kita bisa memastikan bahwa pemborosan baterai bukan terjadi karena ada aplikasi yang jahil. Selanjutnya Anda cukup gunakan iPhone seperti biasanya: memainkan beberapa games ringan, menggunakan aplikasi jejaring sosial, dan mengambil foto dengan kamera. Dalam keadaan normal, iPhone seharusnya bisa bertahan lebih dari 4 jam.

Langkah-langkah mematikan Location Services (iOS 6):
1.    Pilih Settings » Privacy.
2.    Ubah Location Services menjadi OFF.

Anda juga boleh membiarkan location services dalam keadaan nyala dan mematikan satu per satu aplikasi yang menggunakan location services. Kemudian Anda menyalakan satu per satu location services aplikasi setiap hari. Catat aplikasi yang dinyalakan pada hari itu untuk melihat perbandingan dengan tempo hari.

Cara ini bisa membantu Anda mencari tahu atau mendeteksi aplikasi mana yang menjadi biang pemborosan baterai. Jika baterai berkurang dengan sangat cepat, maka jangan pernah izinkan aplikasi tersebut menggunakan location services lagi.

Yang perlu diingat adalah baterai mempunyai umur. Seiring dengan pemakaian, kapasitas baterai otomatis akan berkurang. Bila umur baterai iPhone sudah melebihi 3 tahun, otomatis tidak akan bertahan layaknya seperti baterai baru.