Informasi Tekno

Tips Cara Hemat Batrai Notebook Anda


Tips Cara Hemat Batrai Notebook Anda

Tips Tricks kali ini saya akan mengajarkan cara hemat batrai pada notebook or laptop Anda. Terkadang Anda mungkin membawa charger, tapi ternyata di tempat Anda beraktifitas tak dijumpai sumber listrik atau electrical adapter. Padahal saat tersebut Anda benar-benar butuh baterai notebook Anda bekerja semaksimal mungkin. Baca juga (Penyebab Cepat Rusaknya Baterai Laptop serta Perawatannya)

Jangan kuatir, dimana Anda bisa mencoba beberapa tips sederhana agar baterai notebook Anda bisa hemat konsumsinya, dalam kondisi darurat tersebut.
Berikut tips triknya agar baterai notebook Anda bisa bekerja maksimal
  • Langkah Pertama Turunkan kecerahan layar (Display Brightness)
    Anda bisa menurunkan level kecerahan layar alias LCD brightness untuk menghemat daya baterai.
  • Langkah kedua Aktifkan power management system di notebook
    Banyak pabrikan notebook sudah melengkapkan aplikasi/software untuk mengatur daya di notebook. Tentunya untuk memaksimalkan penghematan energi dan daya baterai agar bisa semakin lama
    Pada OS Microsoft Windows, aplikasi power management "Power Option" itu bisa diatur di Control Panel. Pada tab Power Options Properties pilih menu "Portable/Laptop".
  • Langkah ketiga Tutup/non aktifkan aplikasi-aplikasi yang tak dipakai
    Aplikasi-aplikasi itu menambah berat kerja system di laptop dan menarik energi untuk menjalankannya. Jadi menutup aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan saat itu akan mengurangi beban notebook dan tentunya menghemat energi atau konsumsi daya baterai.
  • Langkah keempat Copot PC card atau USB yang tak digunakan
    Alat-alat tambahan ini menyerap energi, bahkan ketika mereka tidak sedang beroperasi. Jadi dengan mencopot mereka dapat memperpanjang daya baterai notebook Anda.
  • Langkah kelima Disable Wirelass LAN (WiFi) atau Bluetooth network bila tak digunakan.
    Alasannya sama seperti di nomor 4. Dengan men-disable atau menonaktifkan fitur ini maka dapat menghemat daya baterai notebook Anda.
  • Langkah keenam Mengurangi aktivitas Optical Drive
    Sementara hindari aktivitas yang mengharuskan optical drive di notebook Anda bekerja secara terus menerus seperti mendengarkan CD, memutar film DVD atau lainnya. Karena aktifitas tersebut menyerap banyak daya baterai.
  • Langkah ketujuh Hindari aplikasi grafis yang intensif
    Hindari membuka software grafis seperti image editor, atau software yang membantu orang untuk memanipulasi visual image. Ketika Anda menjalankan aplikasi ini, sistem notebook Anda harus berada dalam high perfomance setting. Tentu saja hal tersebut akan menyedot daya baterai lebih besar. Oleh karena itu, dengan menghindari penggunaan aplikasi grafis dapat mengurangi daya baterai secara cepat.
Nah begitulah kebanyakan cara untuk menghemat baterai notebook Anda. Inget yah jika mulai muncul pesan seperti pada gambar illustrasi diatas mulailah save semua pekerjaan Anda jika tidak mungkin akan hilang bahkan bisa jadi rusak file Anda lho lakukan Shutdown notebook Anda