Informasi Tekno

Tips, Memilih Laptop Sesuai Kebutuhan

Tips, Memilih Laptop Sesuai Kebutuhan

Tidak baik menggunakan atau mengkonsumsi segala sesuatu secara berlebihan atau melebihi dari apa yang kita butuhkan.

Pengetahuan adalah lentera kehidupan yang akan menghindarkan kita dari gelabnya suatu kesalahan.

Kedua kalimat tersebut diatas yang melandasi tips ini terwujud.

Mungkin ulasan berikut tidak berlaku bagi sebagian orang yang diberi kelebihan akan materi. Namun akan sangat berfanfaat bagi para pengguna dengan budget ketat.

Memilih Laptop dengan pintar
Dalam memilih sebuah Laptop, anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor, dan wajib untuk mengetahui bagian-bagian / perangkat penting dari sebuah Laptop sebelum menjatuhkan pilihan.

Berikut faktor-faktor yang harus anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah laptop.
  • Kebutuhan, akan digunakan untuk apa Laptop tersebut, hanya untuk ngetik, internetan, balas email, ngegame atau serius untuk kerja brutal di bidang olah grafis, video, audio maker. Masing-masing ada spesifikasinya, disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan anda.
  • Harga, sesuaikan dengan daya beli anda, pilih sesuai kebutuhan tanpa menganggu stabilitas keuangan.
  • Penampilan, lihat desainnya pilih yang paling bagus, dan jangan lupa pertimbangkan berat dari Laptop tersebut.

Perangkat penting penentu kinerja sebuah Laptop.
  • Prosesor
  • Memori RAM
  • Harddisk / Hardrive
  • Kartu Grafis 
  • Layar Monitor
  • Interface 
  • Baterai

Berikut kami ulas secara detail perangkat tersebut.

Prosesor
Prosesor adalah penentu seberapa kencang dia memproses data, mengakses dan menjalankan sebuah program komputer. Semakin besar Prosesor semakin mantab dalam bermultitasking.

Kenali tipe dan kegunaan dari prosesor, untuk lebih mudahnya kita kelompokan menjadi 3 bagian.
  • Entry Level, pada kelompok ini prosesor di desain untuk kebutuhan sehari-hari kebanyakan orang, internet browsing, email, program office sangat mumpuni, tapi untuk multimedia dan game jangan berharab terlalu tinggi. Tipe prosesor pada kelompok ini adalah AMD A4, AMD A6, Intel Celeron, Inter Core.
  • Middle Range, pada kelompok ini prosesor di desain untuk kebutuhan multimedia entertainment cocok untuk para Gamer, kelebihannya selain kecepatan konsumsi energi sedikit lebih irit dari pada kelompok entry level. Tipe prosesor pada kelompok ini adalah AMD A8, AMD A10, Intel i3, Intel i5.
  • High End, pada kelompok ini prosesor di desain untuk kebutuhan profesional seperti olah grafis, video, audio dan 3D maker. Proses multitasking yang mengagumkan, mampu menjawab segala kebutuhan anda, mulai dari program terbaru, multimedia entertainment sampai game paling mutakhir dijabanin dengan santai walau anda jalankan secara bersamaan, konsumsi energi lebih fleksibel mampu memenajemen baterai dengan baik. Tipe prosesor pada kelompok ini adalah AMD FX, Intel i7.

Memori RAM
Ingat kinerja prosesor tergantung pada memori, kok bisa gitu...?
Ibaratnya begini... prosesor sebagai tandon air, sedangkan memori adalah pipa air. Jadi kemampuan prosesor akan maksimal jika di dukung oleh memori yang besar, akan sia-sia prosesor high end anda jika menggunakan memori 2 GB.

Harddisk / Hardrive
Ini adalah perangkat penyimpanan data, semakin besar kapasitasnya semakin banyak data yang bisa di tampung. Kalau hanya untuk menyimpan jutaan data tulisan, ribuan foto dan beberapa puluh film 500 GB sudah lebih dari cukup, lain lagi jika anda berprofesi sebagai editor video / film 1 TB mungkin masih bisa kurang.

Untuk perangkat ini selain kapasitas sebagai acuan pertimbangan, anda juga bisa perhatikan jenis teknologi yang digunakan.

Yang sering dan masih banyak digunakan pada Laptop saat ini adalah teknologi HDD data digital disimpan pada piringan magnet yang berputar. Jika anda menemui angka dengan akhiran RPM itu adalah kecepatan berputar dalam 1 menitnya semakin cepat berputar otomatis semakin cepat pula proses baca tulis dan transfer datanya. HDD cukup riskan terhadap benturan dan teknologi ini sudah cukup berumur.

Teknologi terbaru untuk perangkat ini adalah SSD, teknologi ini tidak memiliki bagian yang bergerak atau berputar seperti pada HDD yang membuatnya jauh lebih cepat, handal dan lebih tahan goncangan.

Kartu Grafis
Graphic card adalah perangkat yang bertugas sebagai rendering data visual, bagi para Gamer sejati perangkat ini menjadi patokannya jika ingin membeli Laptop.

Perangkat ini mempunyai prosesor sendiri selain itu ada dua tipe graphic card yang harus anda perhatikan.
Tipe terintegrasi, kekurangannya tidak bisa di upgrade, kalau rusak silahkan bawa ke service center.
Tipe kedua sebaliknya tidak terintegrasi, anda bisa mengupgradenya dan kalau rusak cukup di ganti dengan yang baru.

Ingat sesuaikan kebutuhan, untuk beraktivitas sehari-hari seperti mengetik, browsing, nonton film, main game ringan, kerja grafis ringan cukup dengan graphic card terintegrasi dari Intel HD Graphics, dan itu sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan bisnis secara umum.

Nah bagi anda yang merasa kurang, silahkan pilih graphic card besutan NVidia GeForce atau AMD Radeon. Graphic card ini di desain untuk para 3D gamer dan profesional yang sering bekerja dengan grafis, namun itu tidaklah mutlak, karena kedua graphic card tersebut juga berjenjang spesifikasinya. Semakin besar spesifikasinya semakin extreme kinerjanya terutama bagi para pengolah grafis, video maker dan 3D maker.

Layar Monitor
Untuk layar monitor ada dua hal yang perlu anda perhatikan.
  • Resolusi, laptop modern, biasanya memiliki resolusi 1366 x 768 pixel. Semakin besar resolusi semakin tajam dan menakjubkan gambar yang dihasilkan. Resolusi tinggi sangat cocok bagi desainer grafis, fotografer, editor film, yang menuntut gambar dengan detail yang tinggi.
  • Ukuran Layar, bagi pengguna normal atau gamer tidak ada masalah menggunakan layar berukuran 11-14 inci, namun bagi anda yang sering bekerja menggunakan program Photoshop, 3D Max dan Adobe Premiere saya jamin bakal tersiksa jika layar laptop anda di bawah 14 inci. 

Interface
Akan selalu ada kebutuhan untuk menghubungkan laptop anda ke perangkat lain atau mentransfer data antar komputer. Berikut beberapa macam port yang wajib ada dan beberapa port tambahan yang di desain guna membantu kebutuhan anda.

Berikut port yang wajib harus ada, biasanya sudah pasti ada pada semua laptop, jadi ga usah panik.
  • USB Port 2.0, yang terbaru USB 3.0 gunanya untuk mentransfer data, koneksi antar perangkat seperti printer, modem atau bahkan sekedar mencas baterai handphone anda. 
  • Video Output, salah satu harus ada syukur ada keduanya.
    • VGA port ini versi terjadul yang berfungsi untuk video output bisa dihubungkan dengan proyektor di kala anda ingin mempresentasikan karya anda ke banyak orang. Atau sekedar untuk bermain game dengan menggunakan monitor lain yang lebih besar dari pada layar laptop anda.
    • HDMI port adalah versi terbaru dari video output kecanggihan yang ditawarkan mampu mentransfer data video dan audio secara cepat, resolusinya pun jauh lebih besar dari pada VGA. Siap dihubungkan dengan LCD TV, LED TV, LCD Monitor, LED Monitor, Proyektor.
Port dan slot tambahan 
  • LAN Port  untuk saat ini sudah mulai tergantikan oleh Wi-Fi namun masih sangat berguna jika anda tidak memiliki router Wi-Fi di rumah.
  • Card Reader dapat bermanfaat untuk transfer data dari dan ke memory SD Card.

Untuk Wireless sudah tidak perlu anda risaukan, semua laptop modern pasti mempunyainya.

Baterai
Baterai merupakan faktor penting dari konsep dasar sebuah laptop diciptakan, jadi anda harus pertimbangkan jika anda sudah menemukan kecocokan pada spesifikasi / perangkat penting diatas. Semakin awet baterai semakin mobile, sangat cocok bagi anda yang sering melakukan perjalanan disambi kerja.


Semoga tips ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda yang ingin membeli laptop baru secara pintar, sesuai kebutuhan dengan harga layak sesuai spesifikasi yang anda inginkan. Tidak berlebihan dan tidak kekurangan semua pas di hati dan pas di kantong.