Informasi Tekno

Tips, Memilih Smartphone Sesuai Kebutuhan


Tips, Memilih Smartphone Sesuai Kebutuhan

Kita mengenal istilah "ada harga ada rupa" yang bisa diartikan jika harganya lebih mahal maka barang atau produk tersebut mempunyai kuwalitas lebih bagus. Istilah tersebut ada benarnya namun tidak sepenuhnya benar, bagimana jika anda di hadapkan pada pilihan harga yang sama..., yang mana yang lebih bagus....

Nah mari kita belajar menjadi konsumen yang pintar, berikut tips cara memilih smartphone sesuai dengan kebutuhan. Mungkin metodenya pendekatan sedikit berbeda dengan tips memilih gadget jenis lain seperti laptop atau tablet. Metode pendekatan karakter seseorang mungkin sedikit lebih di fokuskan disini, karena smartphone merupakan gadget yang akan selalu dapat digunakan dan dibawa kemana saja pemiliknya berada.

Ada sangat banyak tipe dan merek smartphone beredar dipasaran bakal menggoda anda, dengan fitur-fitur canggih yang mereka tawarkan, belum lagi desain yang indah menarik-narik hati anda untuk membawanya pulang. Ait... tunggu dulu jangan sampai anda menyesal di kemudian hari. Pilihlah smartphone dengan smart, sesuaikan spesifikasinya dengan kebutuhan anda dan perhatikan budget anda, jangan sampai karena tuntutan gengsi atau napsu untuk membeli keuangan anda mengalami krisis.

Memilih Smartphone Dengan Cerdas
Dalam memilih sebuah smartphone, anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor, dan wajib untuk mengetahui bagian-bagian / komponen penting dari sebuah smartphone sebelum menjatuhkan pilihan.

Berikut faktor-faktor penting yang menjadi acuan sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah smartphone.
  • Kebutuhan, kebutuhan akan komunikasi dan informasi adalah ciri dari manusia modern, ya kita semua juga tau bawasannya cell phone adalah alat komunikasi nirkabel jarak jauh, namun alahkah mulianya jika gadget tersebut juga dapat menyediakan segala macam informasi yang kita butuhkan secara real time, mudah, kapan saja dan dimana saja, itulah kenapa smartphone diciptakan.
  • Spesifikasi, diluar fungsi utama yang tersebut diatas, smartphone juga diciptakan untuk kesenangan. Nah berbicara tentang kesenangan itu berarti berbicara soal selera, kebiasaan, karakter sampai hobby dari seseorang. Setiap individu mempunyai karakter dan hobby masing-masing jadi spesifikasi smartphone dibikin beragam untuk meakomodasi setiap kesenangan penggunanya. Sesuaikan spesifikasi smartphone pilihan dengan kesenangan anda.
  • Harga, sesuaikan dengan daya beli anda, pilih secara bijaksana bukan secara gengsi kecuali anda memang sudah bingung ingin manghabiskan uang anda karena tak habis-habis.
  • Penampilan, pilih desain yang paling bagus sesuai selera anda.

Setelah membaca acuan diatas berikut komponen penting penentu kinerja sebuah smartphone.

Kenali komponen, guna membantu anda dalam menemukan pilihan smartphone yang terbaik sesuai kebutuhan anda, kenali 8 komponen penting penentu peforma dari sebuah smartphone berikut ini.
  • Operating System
  • Prosesor
  • RAM
  • Memory internal dan external
  • Layar
  • Kamera
  • Audio
  • Baterai
Operating System
Smartphone juga bisa berperan sebagai asisten pribadi anda, dalam meng organize keperluan dan menunjang mobilitas bisnis atau pekerjaan anda, selain itu smartphone juga di tuntut untuk bisa menghibur anda di kala sedang bosan. Hanya smartphone dengan Operating System yang tepatlah yang dapat memenuhi tantangan tersebut diatas. Berikut daftar Operating System yang ada di pasaran saat ini.
  • Android operating system yang diciptakan oleh Google ini memiliki konsep open source, banyak produsen, provider, developer atau siapa pun bisa mengembangkan aplikasi-aplikasi penunjang OS tersebut secara bebas, bahkan anda sendiripun bisa menciptakan aplikasi sendiri, keuntungan yang didapat bagi penggunanya adalah gratis memakai aplikasi-aplikasi tersebut dan sangat banyak ragam pilihanya, mulai hiburan seperti game sampai aplikasi serius penunjang pekerjaan anda.
  • iOS operating system yang diciptakan oleh Apple hanya untuk produk mereka sendiri. Bagi anda yang ingin menggunakan OS tersebut harus membeli produk dengan merek Apple, walau mungkin ragam dan macam aplikasinya tidak sebanyak Android, namun semua aplikasi yang ada di iOS selalu berkuwalitas dan menjadi trend setter atau pelopor.
  • Windows operating system yang diciptakan oleh Microsoft secara khusus, ya mereka pemain lama di bidang OS dan software untuk personal komputer, sekarang merambah ke dunia mobile. Artian khusus disini adalah bukan open source jadi tidak sembarang produsen, provider, developer bisa bebas mengembangkan aplikasi-aplikasi penunjang OS tersebut otomatis aplikasi masih kalah jauh ragamnya di banding dengan Android dan produk smartphone yang memakai OS tersebut masih jarang.
  • BlackBerry operating system yang diciptakan oleh sebuah perusahaan telekomunikasi Kanada khusus untuk produk dengan merek BlackBerry. Dikenal di seluruh dunia sebagai penyedia perangkat lunak / software dengan tingkat keamanan yang tinggi dan handal. Pada awalnya dirancang sebagai mobile device management (MDM) untuk aplikasi keperluan industri, namun seiring perkembangan waktu mereka tawarkan untuk pengguna umum, cocok untuk pengguna kalangan bisnis.
  • Symbian operating system khusus untuk produk dari Nokia, pemain lama di dunia mobile phone di tanah air dan sempat menjadi produk dengan pengguna terbanyak di Indonesia, namun untuk saat ini sudah mulai meredup karena terbantai oleh produk-produk merek lain yang menggunakan OS Android.

Prosesor
Prosesor adalah penentu seberapa kencang dia memproses data, mengakses dan menjalankan sebuah aplikasi pada smartphone. Semakin besar prosesor semakin mantab dalam bermultitasking.

RAM
Kemampuan prosesor akan maksimal jika di dukung oleh memori RAM yang besar.

Memory Internal
Ini adalah perangkat penyimpanan data, semakin besar kapasitasnya semakin banyak pula data yang bisa di simpan.

Memory External
Tersedia slot untuk memory external guna menambah kapasitas.

Layar Monitor
Untuk layar smartphone ada dua hal yang perlu diperhatikan. Resolusi, semakin besar resolusi semakin tajam dan menakjubkan gambar yang dihasilkan. Ukuran Layar, semakin besar layar pada smartphone semakin repot kita membawanya kemana-mana karena tidak bisa masuk kantong.

Kamera
Kamera berguna untuk merekam dan mengabadikan suatu momen kedalam gambar atau video. Perangkat ini sudah menjadi standard akan selalu ada pada semua produk smartphone, namun ada 2 pilihan single kamera hanya di belakang aja atau dual kamara depan belakang oke.

Audio
Banyak produsen smartphone menawarkan kuwalitas suara yang mumpuni guna memanjakan pengguna mereka namun bukan berarti dipukul rata, seperti kita tau ada harga ada rupa, jadi bijaksanalah jika anda jarang mendengarkan musik melalui smartphone.

Baterai
Baterai merupakan faktor terpenting dari sebuah mobile device seperti smartphone, jadi anda harus kritis menanyakan atau cari tau berapa lama ketahanan baterai pada produk tersebut dan jangan lupa pertimbangkan juga waktu yang diperlukan untuk mengisi ulang baterainya.

Kesimpulannya
  • Pekerja atau buissiness man dengan mobilitas tinggi dan menggunakan smartphone sebagai salah satu perangkat pendukung pekerjaan, ada baiknya memilih smartphone dengan keawetan baterai yang maksimal, dan dibekali dengan stylus pen.
  • Suka jalan-jalan, dan suka mengabadikan momen-momen indah malalui video maupun foto ada baiknya memilih smartphone dengan kamera pixel besar, kapasitas extra besar dan baterai extra awet.
  • Jika anda adalah seorang gamer sejati ada baiknya memilih smartphone dengan spesifikasi prosesor super kencang dan RAM minimal sebesar 1Giga, ukuran layar lebar didukung oleh grafis engine extra besar.
  • Gaul dan super eksis suka selfie dan suka nongkrong di jejaring sosial ada baiknya memilih smartphone dengan spesifikasi standard namun wajib ada dual kamera, depan dan belakang.
  • Penggemar film dan menginginkan tampilan gambar yang sempurna ada baiknya memilih smartphone dengan spesifikasi layar ukuran lebar dengan resolusi extra tinggi yang memiliki kerapatan pixel kurang lebih 300ppi. 
  • Penikmat musik ada baiknya memilih smartphone dengan spesifikasi audio / speaker yang sempurna dan dilengkapi dengan perangkat headphone.
  • Suka outdoor sport ada baiknya memilih smartphone dengan spesifikasi tahan siksaan seperti tahan air dan tahan benturan.


Jadi tips memilih smartphone sesuai kebutuhan adalah ikuti dan pelajari hal-hal yang sudah di ulas oleh technoged info diatas. Semoga tips ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda yang ingin membeli sebuah smartphone baru.